Kesehatan Reproduksi & HIV

MENGENAL HIV/AIDS SECARA BIJAK

Permasalahan sosial semakin hari semakin meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya. Salah satu permasalahan yang menjadi masalah dunia dan memerlukan penanganan serius adalah masalah HIV/AIDS. Selain HIV/AIDS, persoalan lain yang ada dikalangan masyarakat adalah keterbatasan sumber daya pembiayaan bagi kegiatannya, kemerosotan karakter, pergaulan bebas, narkoba, pemerkosaan, eksploitasi pekerja anak, kerusuhan sosial, dll.

Sampai saat ini, hidup manusia masih dianggap sebagai teka-teki” yang mengusik alur budi manusia. Walaupun demikian, ada satu yang pasti, yaitu bahwa hidup manusia bisa disorot dari pelbagai disiplin. Pengalaman universal dan refleksi rasional, menurut D. Tettamanzi, menunjukkan bahwa hidup manusia pada dasarnya adalah baik, sesuatu yang bernilai dalam dirinya dan dalam hubungan dengan sesama dan lingkungannya. Dalam terang iman-kepercayaan, hidup manusia dipahami sebagai anugerah istimewa yang berasal dari Allah Pencipta. Hidup manusia adalah milik Sang Pencipta, sedangkan hak pakai berada dalam tangan manusia.

Yang memprihatinkan adalah anak-anak di bawah usia lima tahun telah mengidap infeksi ini karena kesatuannya dengan ibu (dan ayah) pengidap virus ini. Menurut Elizabeth A. Preble, dalam tulisannya tentang AIDS di kalangan anak-anak Afrika selama tahun 1990-an, AIDS telah merenggut 1,5 hingga 2,9 juta kaum perempuan dalam usia produktif di kawasan negara-negara Afrika Timur. Dalam waktu yang sama telah muncul sekitar 3,1 sampai 5,5 juta anak-anak yatim-piatu yang terjangkit HIV. Jumlah ini sangat banyak sekali.

1 2 3 4Laman berikutnya

Artikel Terkait

Satu Komentar

  1. Bagaimana bisa terjadinya HIV pada pecandu narkoba melalui penggunaan spuit bergantian, bagaimana perjalanan penyakit hiv itu dapat menyerang sistem cd4 padahal didalam tubuh sistem imun tidak hanya cd4??

  2. Bagaimana jika seseorang penderita hiv aids tidak mau bercerita tentang penyakitnya kepada kluarganya, kayak lebih tertutup gitu orangnya di karenakan malu dan takut orang orang menjauhinya?

  3. Apakah di dalam tubuh, CD4 ini bekerja sama dengan imun lainnya dalam melawan HIV? Apakah penderita HIV ini boleh menerima vaksin,mengingat sekarang sedang dalam masa pandemi yang sangat membutuhkan vaksin?

  4. Saya Maulidatul Mas’udah izin bertanya Setahu saya di Indonesia memiliki lembaga khusus menangani HIV/AIDS, untuk menjadi tenaga medis atau pekerja dilingkungan tersebut apakah harus pelatihan terlebih dahulu ? apabila dalam suatu usaha ada salah satu pekerja yang positif HIV, bagaimana upaya yang dapat dilakukan si pemilik usaha untuk penyesuaian agar dapat diterima oleh si penderita maupun pekerja lainnya ?

  5. Saya Maulidatul Mas’udah , Setahu saya di Indonesia memiliki lembaga khusus penanganan HIV/AIDS, untuk menjadi tenaga medis atau pekerja di lembaga tersebut apakah harus pelatihan terlebih dahulu ? apabila dalam suatu usaha ada salah satu pekerja yang positif HIV/AIDS, bagaimana upaya yang dapat dilakukan si pemilik usaha untuk melakukan penyesuaian agar dapat diterima oleh si penderita maupun pekerja lainnya ?

  6. Bagaimana cara kita sebagai tenaga kesehatan yang tetap menerapkan kode etik dalam menenangkan atau memberikan edukasi seperti apa yang dapat kita berikan kepada penderita HIV AIDS agar tidak terlalu menyalahkan dirinya sendiri?

  7. Saya Agung Wisnu Ryandika Putra izin bertanya. Penyebaran HIV/AIDS dengan Covid-19 lebih cepat mana?

  8. Saya fitria tri suntari izin bertanya,
    Katanya HIV/AIDS berasal dari kera, Kenapa HIV/AIDS bisa menjangkit manusia? sedangkan penularannya melalui aktivitas seksual?
    Dan kenapa virus tersebut lama berakhirnya setelah kita terjangkit?
    Terimaksih:)

    1. Saya Katarina Firawati Fenyapwain dari kelas 4B izin bertanya. Apa dampak buruk pada seseorang yang sudah menggunakan Narkoba/ Napza Sehingga dia tengah dengan sendiri membunuh dirinya sendiri? Apakah itu efek dari penggunaan narkoba/ Napza tersebut yang dia gunakan Sehingga menimbulkan Hal seperti itu?
      Terimakasih

  9. Hiv/aids ini dilingkungan masyarakat sendiri menjadi sebuah aib bagi penderitanya. Lantas bagaimana dengan bayi yang sedari lahir sudah terinfeksi. Karena kedua orangtuanya yang memang dinyatakan positif hiv. Dengan keadaan begini .. bayi/anak ini nantinya kehidupannya seperti apa? Atau juga akan terkucilkan seoerti orang tuanya? Terimakasih

  10. Edukasi apa yang pantas kita berikan sebagai tenaga kesehatan kepada masyarakat yang mempunyai adat istiadat menikahkan anak mereka pada usia yang masih sangat muda?
    Bisa di katakan,jika seorang anak perempuan sudah mendapatkan Haid maka sudah bisa dinikahkan dengan calon yang lebih tua dari dirinya.
    Karna faktor ini juga bisa meningkatkan Hiv semakin tinggi.
    Terimakasih.

  11. Dikalangan remaja biasanya banyak pergaulan – pergaulan yang sangat menyimpang yg berresiko menularkan HIV AIDS.
    Apa saja kah metode pencegah umum HIV AIDS dikalangan remaja ini?
    terimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page